Minggu, 30 November 2008

Linux Slackware

Apa itu Linux?

Linux adalah kernel yang bersifat UNIX-like, yang ditulis oleh Linus Torvalds dan juga para pengembang yang lain. Linux berjalan pada banyak arsitektur yang berbeda, misalnya pada mesin IA32, IA64, Alpha, m68k, SPARC dan PowerPC. Kernel terbaru dan juga informasi tentang kernel Linux dapat ditemukan pada website kernel Linux: http://www.kernel.org.

Kernel Linux seringkali disamakan dengan sistem operasi GNU/Linux. Linux hanyalah sebuah kernel, bukan sebuah sistem operasi yang lengkap. GNU/Linux terdiri dari sistem operasi GNU dengan kernel Linux. Bagian berikut ini memberikan deskripsi yang lebih lengkap tentang GNU/Linux.

Slackware

Slackware adalah distribusi Linux yang dibuat oleh Patrick Volkerding. Slackware merupakan distribusi awal dari Linux dan merupakan distro tertua yang masih dikembangkan sampai saat ini. Slackware mempunyai target yaitu desain yang stabil dan simple, dan menyerupai desain dari sistem UNIX.


Nama

Nama slackware diambil dari fakta bahwa distribusi ini dimulai dengan projek yang bersifat privat dan tidak ada komitmen tertentu. Untuk mencegah dianggap sebuah projek serius, Volkerding memberikan nama yang mengandung humor, walaupun slackware sudah menjadi projek yang serius.
Nama "Slack" dari Slackware berhubungan dengan "Slack" yang didefinisikan oleh Gereja dari SubGenius.

Sejarah

Slackware adalah turunan asli dari Softlanding Linux System, distribusi Linux original yang paling populer. SLS mendominasi pasar sampai akhirnya mereka membuat keputusan untuk mengganti executable format dari a.out menjadi ELF. Hal ini bukan merupakan keputusan yang tepat di antara user pada saat itu. Akhirnya Patrick Volkerding me-release versi modifikasi dari SLS yang diberi nama Slackware. Release pertama slackware pada tanggal 16 July 1993. Slackware tersedia dalam bentuk image yang berukuran disket yang disediakan oleh anonymus FTP. Slackware kemudian menggantikan SLS sebagai distribusi paling dominan saat itu.
Pada tahun 1999, nomor release slackware menunjukkan banyak peningkatan mulai dari 4 ke 7. Hal ini dijelaskan oleh Patrick Volkerding sebagai usaha marketing untuk menunjukkan bahwa slackware merupakan distribusi Linux yang up-to-date yang sama dengan distribusi Linux yang lain.
Pada tahun 2005, lingkungan desktop GNOME dikeluarkan dari slackware. Dikeluarkannya GNOME dari slackware dianggap signidikan oleh komunitas Linux, karena lingkungan dekstop tersebut sudah banyak dijumpai di distribusi Linux yang lain. Karena itu, beberapa komunitas projek mulai menawarkan distribusi GNOME untuk slackware.

Filosaofi Desain

Beberapa orang menganggap slackware adalah contoh dari desain KISS. KISS bisa diartikan sebagai berikut "Keep It Simple & Stupid", "Keep It Sweet & Simple", and "Keep It Short & Simple". Dalam konteks ini, "simple" dianggap sebagai tampilan yang simple bukan dari mudahnya penggunaan. Sebagian besar dari software slackware menggunakan konfigurasi orisinil dari pembuat software. Ini adalah alasan kenapa sedikit sekali Tools Grafik untuk konfigurasi sistem. Hal ini berdampak pada kemudahan penggunaan.

Fitur slackware Linux 12.1

  • Linux 2.6.21.5 - Slackware Linux menggunakan kernel Linux yang modern dan memiliki performa tinggi. Kernel menyertakan dukungan untuk semua kontroller disk modern, LVM, Perangkat Lunak RAID, disk terenkripsi, dan banyak prosessor/core. Secara default, udev diaktifkan untuk manajemen otomatis dari node perangkat.

  • HAL - HAL (Hardware Abstraction Layer) juga sudah disertakan. Perangkat lunak ini menyediakan API yang seragam untuk aplikasi desktop untuk menggunakan perangkat keras. Hal ini menyebabkan proses mount secara otomatis terhadap disk dan CD menjadi lebih mudah pada Xfce dan KDE.

  • X11 7.2.0 - Ini merupakan versi pertam dari Slackware Linux yang menggunakan X secara modular. Hal ini berarti bahwa komponen X11 terpisah-pisah dalam banyak paket-paket kecil untuk perawatan yang lebih mudah serta proses upgrade yang lebih ringan.

  • GCC 4.1.2 - Slackware Linux 12.1 menyertakan perangkat pengembangan yang sepenuhnya direvisi berbasis pada GNU Compiler Collection 4.1.2. GCC menyediakan kompiler untuk C, C++, Objective-C, Fortran-77/95, dan Ada 95. Sebagai tambahan, pustaka GNU C versi 2.5 juga sudah digunakan.

  • Apache 2.2.4 - Apache diupgrade pada versi major yang baru. Apache 2.x adalah bentuk penulisan ulang yang cukup substansi dari seri 1.3.x.

  • K Desktop Environment (KDE) 3.5.7 - Lingkungan KDE yang penuh disertakan, termasuk KOffice, browser web Konqueror, program multimedia, perangkat pengembangan, dan masih banyak aplikasi lain yang berguna.

  • Xfce 4.4.1 - Xfce adalah lingkungan desktop yang ringan dan berbasis pada GTK2. Aplikasi ini menerapkan semangat dari UNIX yaitu modularitas dan reusabilitas.

Komentar :

ada 0 komentar ke “Linux Slackware”